MULTIKULTURELL – VW JETTA HYBRID 2013

   Akhir-akhir ini banyak rumor yang menyatakan bahwa di tahun 2025 nanti, dampak dari global warming kian terlihat. Pasokan minyak bumi akan mengalami krisis atau bahkan habis. Dan hal itu-lah yang harus kita pikirkan dan kita cegah sejak dini.

  Sebelum semua terlambat, dalam beberapa tahun belakangan ini memang banyak perusahaan mobil di dunia telah merangkai penanganan khusus untuk menanggulangi “kecelakaan dasyat” tersebut. Bahkan salah satu mobil pabrikan asli Jerman, Porsche, telah memikirkan dan dengan cerdas menciptakan sebuah kendaraan bertenaga listrik yang ramah lingkungan untuk pertama kalinya sejak satu abad silam. Kendaraan tersebut diberi nama Semper Vivus (Tetap hidup).

  Mungkin pencitraan pertama kendaraan hybrid di seratus tahun silam, telah berhasil dihadirkan secara utuh dari pabrikan Porsche. Namun secara luas dengan perkembangannya, pabrikan kendaraan dengan latah menciptakan produk-produk kendaraan ramah lingkungan yang lebih punya performa bercita rasa sport.

VW jetta H 2

Sedan premium hybrid pertama yang memiliki cita rasa sekelas sports-car. (Photo by: MT)

 Salah satunya seperti Volkswagen yang berhasil menggendong teknologi hybrid pertamanya ke kelas sedan premium. Dan sekitar 4 tahun lalu, pasar kendaraan VW internasional berhasil melahirkan tampilan hybrid terbaru dari VW Jetta 2013. Ya, dia merupakan kendaraan hemat bahan bakar yang diklaim bisa bersaing dengan pasar mobil go green legenda seperti, Toyota Prius dan Honda Civic Hybrid. Dan sebelum peluncuran perdananya di akhir tahun naga lalu, saat Detroit Auto Show 2012, Jetta Hybrid 2013 telah diklaim punya performa mesin yang melebihi standart kendaraan ramah lingkungan.

VW jetta H 1

(Photo by: MT)

   Namun sangat disayangkan, ternyata platform Volkswagen MQB terbaru tidak ada di para Jetta Hybrid ’13, meskipun dia pribadi sudah memiliki mesin turbocharged 1,4-liter, yang terhitung sebagai keluarga baru dalam sejarah mesin, dengan arsitektur pipa yang memungkinkan untuk mereka masuk dalam berbagai varian mobil. Keempat turbo yang Jetta Hybrid miliki berada diangka 150 tenaga kuda, dengan torsi 250 Nm pada 1400-3500 rpm.  Untuk motor listrik-nya sendiri Jetta Hibrida ini menggunakan ion battery pack 60-cell, 220-volt dengan daya 1,1 kW-jam yang menambah 27 hp ketika berada di transmisi tujuh percepatan dual-clutch-nya pada posisi “S”.

   Sementara ketika Jetta beraksi sepenuhnya dengan menggunakan tenaga hybrid,   dia dapat berakselerasi hingga 70 km/jam dan 2 km dalam ECO mode, sedangkan dia bertenaga 177 hp pada mode S, hal ini mungkin mengingatkan anda tentang sistem Honda IMA hybrid. VW mengharapkan keekonomisan konsumsi bahan bakar EPA –nya berada di angka 19 km/liter, hal tersebut mengisyaratkan bahwa jarak tempuh Jetta Hybrid di perkotaan lebih tinggi diatas jumlah itu, dengan jarak tempuh di jalan raya berada sedikit dibawah angka tersebut. Ya, seperti halnya Toyota Hybrid, Jetta Hybrid ini juga hemat bahan bakar ketika melaju di area perkotaan, terutama saat lampu merah, di mana mereka juga mempunyai kaki-kaki yang kuat pada pedal rem hingga menutup mesin ke bawah.

   Seperti Porsche Panamera dan Cayenne Hybrid, Jetta Hybrid ini juga menawarkan satu kelebihan yang mengesankan. Hal menakjubkan ini dapat kita lihat saat dia belari dengan kecapatan maksimal 134 km/jam dalam sekali pengisian baterai penuh.

   Jujur saya mendapati banyak keunggulan di VW Jetta Hybrid ini. Untuk di seri kendaraan hybrid, Jetta nanti-nya menjadi satu-satunya mobil yang bermesin halus. Antara transmisi 7 – speed dual clutch-nya yang berpadu dengan sistem kalibrasi yang baik, hingga menciptakan mesin yang lebih halus dari sejenisnya. Dan mungkin anda harus melihat ke dashboard indicator, atau anda perlu mematikan radio beberapa detik, untuk mengetahui apakah mesin sudah hidup. Ya, hal itulah yang sampai saat ini belum pernah kita temui di varian kendaraan hybrid lainnya.

VW jetta H 7

(Photo by: MT)

   Pada Tachometer kendaraan ini telah memiliki fitur blueline ketika anda menginjak pedal gas dan saat recharging, dan juga fitur greenline ketika anda berada di angka 0 dan saat pengereman. Sayangnya, tidak ada redline disini. Sebuah layar indicator yang sangat berguna, di tempatkan tepat di tengah panel instrument dengan garis horizontal yang memungkinkan anda untuk mengetahui ketika mesin perlu di restart saat anda menggunakan throttle, dan untuk lebih meningkatkan kenyamanan pengemudi, pada layar navigasi, tampilan graphic-nya lebih colourful,yang pastinya lebih jelas.

VW jetta H 5

(Photo by: MT)

  Penampilan hybrid yang halus juga nampak pada interiornya, dengan menyikat habis dashboard dengan tampilan aluminium pada interior trim-nya, dan ke-aerodinamisan aids outside, termasuk lip spoiler kecil yang berada di belakang. Posisi Baterai berada di balik kursi belakang, hal itu tentunya memakan ruang yang cukup luas pada bagian bagasi, meskipun anda masih dapat melipat kursi belakang ke bawah. Sebenarnya ini bukan kendaraan hybrid yang di khususkan untuk program penghijauan, namun yang ingin dunia tahu bahwa mereka sedang mengendarai mobil berteknlogi hybrid.

  Bagi beberapa orang, rem VW Jetta Hybrid 2013 ini sedikit ‘grabby’. Saat pengereman awal, kendaraan ini sistem kelistrikannya hanya membantu saja, kata Kai Phillop sebagai pemimpin proyek Jetta Hybrid ini. Pengeremannya sendiri menggunakan kelistrikan combo dan dengan sistem bantuan hidrolik yang berada di bawah pedal.

(Photo by: MT)

   Dari percobaan di garasi Motor Trend Amerika, mobil ini sedikit terasa seperti Jetta TDI, yang bisa dikatakan memang dia lebih baik dari Jetta 2,5-liter, dengan steering weight dan feedback yang lebih baik juga responsive. Hybrid ini juga dilengkapi dengan as roda belakang berukuran 2,5 yang libel kuat. Phillip juga menyampaikan, untuk bobot kendaraan ini, dia memiliki 95 kg lebih berat dari model standartnya. Berat tersebut pastinya sudah dengan mesin 1,4-liter turbo yang memiliki bobot 98 kg dan dengan baterai yang punya berat kurang dari 36 kg.

VW jetta H 6

(Photo by: MT)

  Dan yang terpenting adalah performance straight-line-nya. Sekali meluncur dengan kecepatan penuh, throttle-nya akan menghasilkan suara mendecit pada ban depan, dan itu bukan hanya sebuah “kicauan”, melainkan suara Jetta Hybrid yang tengah sedikit mengalami ‘slip’ di sisi trotoar. Ya, ternyata dia masih kolot dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Toyota Prius yang melegenda itu.

vw jetta oke oce

  Waktu itu, kendaraan ini rumornya bakal masih menggunakan mesin diesel seperti pendahulunya. Dan produsen sendiri memperkirakan hanya lima persen konsumen Jetta yang akan ‘melirik’ si hybrid ini, dan konsumen tersebut hanya partisipan, dan bukan pecinta VW tradisional. Ya… meski pembeli varian mobil hybrid baru dari VW ini terbilang sedikit, namun dengan mempertimbangkan kualitas dinamis dari Jetta Hybrid ini, para konsumen baru itu nantinya bisa mendirikan komunitas baru. Tapi hingga detik ini saya tak pernah mencium keberadaan mereka tuh. Kira-kira bagaimana kabar mereka ya?. Ada yang tahu?. NV.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s